Smart Home

Smart Home. Teknologi pada zaman modern saat ini sangat berkembang pesat. Didukung dengan semakin mudahnya akses informasi menjadikan perkembangan inovasi-inovasi terkait teknologi tidak dapat dibendung lagi. Menurut survey Badan Pusat Statistik jumlah pengguna internet pada tahun 2015 mencapai 139 juta jiwa. Angka ini meningkat sebanyak 32 juta jiwa dari tahun 2014.




Salah satu inovasi penciptaan teknologi terbaru adalah Rasberry PiRasberry Pi adalah perangkat komputer mini seukuran kartu ATM dan memiliki fungsi yang mirip dengan komputer pada umumnya.


Rasberry Pi diciptakan oleh Eben Upton dan rekannya di University of Laboratorium Computer CambrigdeRasberry Pi muncul dari ide menciptakan komputer kecil dengan harga terjangkau.
Semua komponen pada Rasberry Pi dibuat sesuai dengan kebutuhan standart komputer saat ini.


Selain dapat digunakan sebagai komputer desktop pada umumnya, Rasberry Pi juga dapat digunakan untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru, salah satunya “Smart Home”. KonsepSmart Home disini yaitu pemanfaatan Rasberry Pi sebagai pusat komando rumah. Hal-hal yang dapat dikomando menggunakan Rasberry Pi yaitu :
1. Sebagai deteksi kebakaran rumah
2. Sebagai deteksi maling atau pencuri
3. Sebagai alat kontrol AC, Televisi, Lampu, dan peralatan elektronik lainnya





Semua komando diatas dapat dilakukan oleh pemilik rumah dengan perangkat smartphone. Tentu sangat bermanfaat konsep Smart Home jika memang dapat diterapkan. Selain dapat mencegah kemungkinan terburuk dari rumah yang ditempati, juga dapat mendukung pemakaian listrik secara hemat. Tentu hal ini dapat dikatakan bahwa Smart Home dengan Rasberry Pitermasuk ke dalam Teknologi Ramah Lingkungan Terbaru yang sangat menjanjikan.

You Might Also Like

0 komentar